Thursday, July 27, 2017

LES PELAJARAN UNTUK ANAK PERLUKAH ?



LES PELAJARAN UNTUK ANAK PERLUKAH ?

BAGAIMANA TIPS MEMILIH LES UNTUK ANAK YANG TEPAT ?

Sahabat pintar , mengikuti les kini menjadi kebutuhan anak. Selain membentuk kebiasaan belajar, banyak orang tua yang tidak memahami pelajaran anak sekarang.
Mengikuti Les privat ataupun bimbingan belajar menjadi semacam keharusan. Terutama bagi anak-anak di kelas 6 atau kelas 9. Selain untuk memicu belajar , mengikuti bimbingan belajar bisa menjadi ajang latihan mental menghadapi tes atau ujian akhir kata Psikolog  Semarang Dra Emiliana Primastuti MSi.

POINT PENTING YANG MENJADI PERTIMBANGAN MEMILIH LES 

Sahabat pintar , hal yang menjadi pertimbangan untuk memilih les  meliputi  :

  1. PARAMETER USIA .  Sudah menjadi rahasia umum, kalau TK di Indonesia tidak mengajarkan membaca dan menulis. Maka les yang cocok untuk usia pra sekolah adalah membaca dan menulis. 
  2. PARAMETER KEBUTUHAN, apabila yang menjadi kebutuhan adalah meningkatkan pengetahuan anak terhadap pelajaran, maka pilihlah les pelajaran / Bimbel. 
  3. PARAMETER KEMAUAN / MINAT ANAK. Sesuai yang disampaikan dosen di Fakultas Psikologi Universitas Katolik ( Unika ), yang pertama harus dipertimbangkan seseorang anak  mengikuti les adalah kemauan dan minat dari anak itu sendiri. Ketika anak sudah masuk usia remaja, sudah terlihat apa kemampuan dan minatnya di luar pelajaran. Maka Les diambil dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi anak. 
  4. METODOLOGI PENGAJARAN. Pilih Metodologi yang tepat, dan sesuai, kalau anak kurang fokus dan malas maka cari metodologi pelajaran Bimbel yang mengarahkan anak untuk fokus dan tidak malas. Kalau anak kesulitan mengikuti pelajaran, carilah Metodologi pelajaran yang bisa menjelaskan pelajaran dengan mudah. 
  5. WAKTU. Sesuaikan waktu les dengan jam bermain dan istirahat, jangan sampai hanya demi meningkatkan prestasi belajar, anak kehilangan waktu bermainnya. Sehingga perlu pengaturan waktu, ada baiknya untuk usia anak pra sekolah sampai TK, untuk Bimbel masimal 3 minggu atau tidak lebih dari 2 jam tiap sekali pertemuan. Untuk anak SD bisa lebih banyak menggunakan waktunya untuk mengambil les, begitu seterusnya sampai SMP dan SMA. 
  6. FINANCIAL ATAU KONDISI KEUANGAN. Dengan mempertimbangkan keuangan , pilih Les yang terjangkau tetapi tetap memiliki kualitas dan reputasi yang terpercaya.

BAGAIMANA TIPS MEMILIH LES UNTUK ANAK YANG TEPAT ?

Tips memilih tempat les  dengan 5 langkah tepat.


  1. METODE BELAJAR. Lembaga Les terkenal biasanya sudah memiliki metode yang cukup baik, tetapi tidak jarang  juga seorang guru sekolah memiliki motode jitu dalam mengajarkan suatu materi. Untuk mengetahui metode mana yang baik, tidak ada salahnya mencari informasi lebih lanjut beberapa tempat les. 
  2.  MEMILIH PRIVAT ATAU BELAJAR DI TEMPAT LES. Mungkin orang tua berfikir bahwa les privat lebih baik dibandingkan belajar di tempat les karena suasana di rumah lebih kondusif, tetapi kita juga perlu jeli memperhatikan tingkah laku anak. Jika anak mulai bosan les privat, mungkin sudah saatnya memindahkan anak di lembaga kursus. 
  3. JARAK DARI RUMAH. Ada banyak keuntungan jika tempat les yang diikuti anak lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Selain tidak membuang waktu dan menguras tenaga saat berangkat les, orang tua juga lebih mudah dalam pengawasan. 
  4. LINGKUNGAN LES. Anak adalah peniru yang baik. Anak-anak di tempat les biasanya berasal dari berbagai tempat sekolah yang berbeda. Perilaku anak lain mungkin akan dicontoh oleh anak kita, jadi pemilihan lingkungan les yang baik akan membawa dampak baik bagi anak demikian sebaliknya lingkungan yang buruk juga harus dihindari karena akan bisa memberi dampak buruk. 
  5. BIARKAN ANAK MEMILIH. Setelah orang  tua menentukan beberapa tempat les atau privat, cobalah  untuk mengajak anak ke tempat les tersebut dan tanyakan apakah cocok dengan tempat les tersebut. Karena anak akan menjalani proses belajar maka biarkan dia memilih mana yang mereka sukai.

Sahabat cerdar, anak adalah investasi dari orang tua, maka dengan memperhatikan perkembangan kemampuan anak merupakan modal bagi masa depannya.


No comments:

Post a Comment